Carakumpul - Kalender Pendidikan 34 Provinsi di Indonesia Terbaru Tahun 2020/2021
Kalender Pendidikan 2020/2021



Selamat berjumpa kembali dengan sobat-sobat Carakumpul.blogspot.com Kali ini Mas Frenzy ingin berbagi info mengenai Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2020/2021 di 34 Provinsi di seluruh Indonesia Terbaru Tahun 2020/2021.

Kalender pendidikan atau Kaldik merupakan pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif, dan hari libur.

Permulaan tahun ajaran adalah bulan Juli setiap tahun dan berakhir pada bulan Juni tahun berikutnya.

Hari libur sekolah ditetapkan berdasar Keputusan Menteri Pendidikan Nasional, dan atau Menteri Agama dalam hal yang berkaitan dengan hari raya keagamaan.

Kepala Daerah tingkat Kabupaten/Kota, dan atau organisasi penyelenggara pendidikan dapat menetapkan hari libur khusus. Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota dapat menetapkan hari libur serentak untuk satuan-satuan pendidikan.

Satuan pendidikan dasar dan menengah dapat menyusun kalender pendidikan sesuai kebutuhan daerah, karakteristik sekolah, kebutuhan peserta didik, dan masyarakat, dengan memperhatikan kalender pendidikan sebagaimana yang dimuat dalam standar isi.

Fungsi dari Kalender Pendidikan secara umum adalah untuk mendorong efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran di sekolah.

Selain itu, Kalender Pendidikan juga berfungsi untuk menyelaraskan antara ketentuan hari efektif dengan hari libur sekolah.

Secara khusu bagi guru kaldik dapat digunakan untuk pedoman dalam penyusunan Program Tahunan (Prota), Program Semester (Promes), Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Download Kalender Pendidikan 34 Provinsi di Indonesia Tahun Pelajaran 2020/2021


Kalender pendidikan atau kaldik pada dasarnya adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif, dan hari libur. untuk lebih jelasnya silahkan download pada link di bawah ini.


Kalender Pendidikan 34 Provinsi di Indonesia Terbaru Tahun 2020/2021
Untuk provinsi yang lainnya belum diterbitkan Kalender Pendidikan terbarunya, maka kami menunggu dari dinas tersebut jika sudah mengeluarkan Kaldik Terbarunya.
  1. Kalender Pendidikan RA/Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021
  2. Kalender Pendidikan Provinsi Bali Tahun Pelajaran 2020/2021
  3. Kalender Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Tahun Pelajaran 2020/2021
  4. Kalender Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Tahun Pelajaran 2020/2021
  5. Kalender Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Tahun Pelajaran 2020/2021

Baiklah bagi bapak dan ibu yang membutuhkan Kalender Pendidikan 34 Provinsi di Indonesia Terbaru Tahun 2020/2021 ini, maka silahkan anda download pada link download yang telah saya sediakan. Terima Kasih