Untuk saat ini, pembuatan RPP bagi guru cukup satu lembar saja. Komponen panjang itu hanya menjadi tiga komponen utama, yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian. Tiga komponen itu memuat dalam satu lembar, jauh lebih sedikit dibanding belasan lembar yang selama ini harus diisi.
Namun, selama ini berkas RPP sangat menyita waktu guru-guru karena bisa sampai 20 halaman. Dari RPP itu, guru bisa melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang dilakukan di kelas, selain dapat memperbaiki kinerjanya di kemudian hari.
Contoh RPP Kurikulum 2013 SMA/MA Kelas 12 Mapel PJOK Semester 2 Revisi 1 Lembar Terbaru Tahun Pelajaran 2019/2020
RPP merupakan berkas rencana kegiatan pembelajaran tatap muka yang harus diisi guru sebelum memulai kelas. Mendikbud Nadiem mengatakan RPP ini penting untuk tetap diimplementasi.Contoh RPP 1 Lembar PJOK Kelas 12 Semester 2 K-13 Revisi 2020 ini sangat di perlukan oleh seorang guru agar saat mengajar guru tersebut sudah memiliki penguasaan dan persiapan yang matang dalam melakukan proses pembelajaran.
Contoh RPP 1 Lembar PJOK SMA Kelas 12 Semester 2 Kurikulum 2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)Sekolah : SMA N ......
Mata Pelajaran : PJOK
Kelas/Semester : 12 / 2 (Genap)
Alokasi Waktu : 3 x 45 Menit
Pertemuan Ke- : 1 | Materi Pokok : Rangkaian Senam Lantai
A. KEGIATAN PEMBELAJARAN
01. Pendahuluan (15 Menit)
Guru : Orientasi, Apersepsi, Motivasi, Pemberian acuan / semangat
02. Kegiatan Inti (130 Menit)
Tahap–1 : Stimulation (stimullasi/pemberian rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi dengan cara : Melihat, Mengamati, Membaca, Menulis Mendengar, Menyimak materi Sikap lilin
Tahap–2 : Problem statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar mengenai materi Sikap lilin
Tahap–3 : Data collection (pengumpulan data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan: Mengamati obyek/kejadian, Membaca sumber lain selain buku teks, melakukan aktivitas menarik, Wawancara/ tanya jawab dengan nara sumber tentang materi Sikap lilin
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk Mendiskusikan, Mengumpulkan informasi, Mempresentasikan ulang, Saling tukar informasi mengenai materi Sikap lilin
Tahap-4 : Data processing (pengolahan Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : Berdiskusi, Mengolah informasi, mengerjakan soal tentang data dari Materi Sikap lilin
Tahap–5 : Verification (pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan Pengolahan informasi materi Sikap lilin
Tahap–6 : Generalization (menarik kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan Menyampaikan hasil diskusi, Mempresentasikan hasil diskusi, Mengemukakan pendapat, Bertanya atas presentasi tentang materi Sikap lilin
CREATIVITY (KREATIVITAS)
? Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertuli, Menjawab pertanyaan, Bertanya tentang hal yang belum dipahami, Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Sikap lilin
Catatan :
Selama pembelajaran Kebhinnekaan Bangsa Indonesia berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
03. Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
? Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Fungsi Sosial yang baru dilakukan.
? Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran yang baru diselesaikan.
? Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
? Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran
? Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas
? Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Fungsi Sosial kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
B. PENILAIAN
Penilaian Sikap: Observasi selama kegiatan berlangsung; Penilaian Pengetahuan:
Penilaian Keterampilan:
Download Contoh RPP PJOK SMA Kelas 12 Semester 2 Kurikulum 2013
Contoh RPP 1 Lembar PJOK Kelas 12 Semester 2 K13 Revisi 2020 secara efisien dan efektif dilakukan agar guru memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran. Selengkapnya silahkan unduh disini.Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada link yang sudah kami sediakan berikut ini agar mendapatkan file yang lengkap dan utuh. Demikian Artikel Mengenai Contoh RPP 1 Lembar PJOK Kelas 12 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2020. Selamat Mengunduh...!!